Powered By Blogger

Senin, 21 Februari 2011

MELESTARIKAN DAN MENJAGA BUDAYA INDONESIA

Saya sendiri bangga dan bahagia menjadi bangsa Indonesia. Negeri ini memang masih jauh dari ideal. Namun perjalanan bangsa ini sudah menorehkan sejarah panjang. Kita memperjuangkan sendiri kemerdekaan kita. Beragam suku dan golongan berhasil disatukan dengan susah payah. Seperti kata Hillary Clinton, Indonesia adalah model dunia masa depan, dimana demokrasi, modernitas, dan Islam berada dalam satu wadah yang harmonis. Kita memang masih berkutat soal korupsi, pengangguran, kemiskinan, dan keamanan. Tapi negeri ini punya potensi untuk menjadi besar dan superpower di masa depan. Dan banyak bangsa yang iri denggan potensi yang kita punya.


Akhir - ahir ini banyak sekali kebudayaan asli dari bangsa kita yang diklaim olehnegara lain , misalnya Malaysia yang mengklaim tari pendet dan reog sebagai kesenian budaya asli mereka. Sedangkan kita semua tahu bahwa tari pendet berasal dari bali dan reog ponorogo adalah kesenian yang berasal dari daerah ponorogo, Jawa Timur. Sikap malaysia ini memang membuat kita menjadi marah dan kesal, karena budaya asli kita telah diklaim dengan semena_mena. Hal seperti ini sebenarnya menjadi pelajaran untuk kita agar lebih menghargai dan melestarikan kebudayaan yang kita miliki. Lalu bagaimanakah sikap kita sebagai pemuda agar warisan budaya kita tidak hilang dan diakui aleh bangsa lain sebagai budaya mereka?

Sebenarnya untuk menjaga kelestarian kebudayaan kita berasal dari diri kita masing_masing, apakah kita sudah cukup menghargai dan menjaga kesenian dan budaya yang kita miliki? karena banyak diantara kita yang kurang menghargai akan budaya kita sendiri, dan tergerus oleh budaya asing yang masuk. Dilain pihak pemerintah harus lebih aktif dalam memperkenalkan kesenian dan kebudayaan kita sejak dini dengan memasukan pelajaran kebudayaan lokal dalm kurikulum lokal dan juga mendaftarkan hak paten berbagai warisan budaya kita ke UNESCO . Dan disatu sisi dengan dihimbaunya kita untuk mengenakan batik pada setip hari jum’at adalah sebuah terobosan supaya kita lebih menghargai dan menjaga batik sebagai warisan budaya kita. Dan kini semuanya tergantung dari kita sendiri kalau tidak mau kebudayaan kita diklaim oleh bangsa lain kita ikut menjaga dan melestarikannya misalnya dengan ikut membudayakan memakai batik .

Sesuai dengan topik diatas saya akan mengemukakan pendapat saya bagaimana cara mempertahankan budaya indonesia adalah sebagai berikut :
1.Menghargai budaya negara kita
2.Menjaga dan memelihara budaya kita
3.Tidak melupakan budaya negara kita
4.Tdak mudah terpengaruh oleh budaya lain
5.Mempraktekkanya dalam kehidupan sehari – hari

mengkin itu saya menurut saya apa saja yang harus kita lakukan untuk menjaga budaya negara kita , mudah – mudahan budaya negara kita terjaga dan tidak di lupakan , karena budaya negara sebagai ciri khas suatu negara atau suku.HIDUP INDONESIA...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar