Powered By Blogger

Minggu, 11 November 2012

Bau Babi Bikin Naik Darah

Tinggal di dekat peternakan babi bisa membahayakan kesehatan. Sebuah penelitian menunjukkan, sepuluh menit berada di lingkungan dengan aroma kotoran babi, bisa meningkatkan tekanan darah manusia.

Demikian kesimpulan penelitian sekelompok ahli epidemologi Universitas North Carolina yang tercantum dalam jurnal Environmental Health Perspectives, seperti dikutip situs Discovery hari ini. Pemimpin penelitian, Steve Wing, mengatakan, selama dua pekan, mereka mempelajari dampak kesehatan dari peternakan babi di bagian timur Carolina Utara, Amerika Serikat.

Peneliti mengajak 101 orang dewasa--kebanyakan kulit hitam, yang tinggal wilayah berjarak 2,4 kilometer dari peternakan babi, untuk duduk di luar rumah selama 10 menit dua kali sehari. Wing cs menghitung kekuatan bau di sekitar wilayah itu dalam skala nol hingga delapan, lalu mendeteksi tekanan darah mereka. Pada saat yang sama, para peneliti juga mencatat tingkat berbagai macam polutan di udara.

"Tiap tambahan skala bau, tekanan darah responden juga ikut naik," kata Wing. Dia mencatat kenaikan tersebut dalam jumlah kecil dan bertahap. Skala delapan untuk bau terkorelasi dengan kenaikan 2 mmHg pada tekanan darah diastolik (angka bawah). Sedangkan level tinggi gas hidrogen sulfida menyebabkan kenaikan tekanan 3 mmHg pada tekanan darah sistolik (angka atas).

Temuan ini melengkapi penelitian sebelumnya yang mendapati korelasi positif bau peternakan babi dengan tingkat stres, serta iritasi mata, hidung, dan tenggorokan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar